Welcome to my blog :)

rss

Rabu, 24 Februari 2010

Kolesterol, jagalah dari sekarang

Kolesterol, jagalah dari sekarang

Apa itu kolesterol? Kolesterol sebenarnya adalah zat yang dibutuhkan manusia, yang secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Kolesterol berfungsi untuk membentuk dinding sel dalam tubuh dan merupakan bahan dasar pembentukan hormon– hormon stereoid.

Sifat Kolesterol tidak larut dalam cairan darah sehingga untuk mengangkutnya ke seluruh tubuh dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein yang dapat dianggap sebagai pembawa kolesterol dalam darah.
Bila asupan kolesterol tidak mencukupi, sel hati akan memproduksinya. Dari hati, kolesterol diangkut oleh lipoprotein yang bernama LDL untuk dibawa ke sel – sel tubuh yang memerlukan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Kelebihan kolesterol akan diangkut kembali oleh lipoprotein HDL untuk dibawa ke hati. Selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam (cairan) empedu.

Ketidakseimbangan nutrisi dalam pola makan, terutama banyak mengonsumsi makanan berlemak jenuh, gaya hidup seperti perokok aktif, dan kurangnya waktu beristirahat menjadi pemicu kolesterol tinggi. Selain itu kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh genetik dan keturunan. Bila kolesterol dalam tubuh berlebih, maka akan tertimbun di dalam dindnig pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis. Asteroklerosis adalah penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi inilah yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa kolesterol tinggi hanya di idap oleh orang yang bertubuh gemuk, namun pada kenyataannya orang bertubuh kurus pun dapat mengalami kolesterol tinggi. Fakta medis juga menyatakan resiko kolesterol tinggi meningkat seiring bertambahnya usia.

Gejala seperti leher kaku, pegal – pegal, sakit kepala dipercaya sebagai penyebab kolesterol tinggi. Namun sebenarnya kolseterol tinggi tidak menunjukan gejala apapun, oleh karena itu kita harus rajin memeriksakan diri kita ke dokter.
Mengingat bahayanya , tentu kolesterol tinggi akan menjadi problem kesehatan bila tidak ditangani dengan cermat. Untuk itu jaga kadar kolesterol dari sekarang dengan kembali menerapkan kebiasaan hidup sehat, yang dimulai dengan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur. Disamping itu lakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala dan berkonsultasi dengan dokter bila ada gangguan.

**Kadar Kolesterol
LDL Kolesterol (mg/dL)
< 100 Optimal
100 – 129 Mendekati optimal
130 – 159 Batas normal tertinggi
160 – 189 Tinggi
> 190 Sangat tinggi

**Total Kolesterol
< 200 Yang diperlukan
200 – 239 Batas normal tertinggi
> 240 Tinggi
Sumber : Implications of Recent Clinical Trials for the National Cholesterol Education Program Adult Treatment Panel III Guidelines Circulation.2004;110;227-239

Sumber inspirasi : Kompas, 23 februari 2010

0 komentar: