Welcome to my blog :)

rss

Rabu, 24 Februari 2010

Berburu pahala yuk!

Setiap manusia pasti ingin masuk surga. Tapi jangan lupa tentu saja masuk surga bukanlah hal yang mudah. Harus siapkan pahala yang jumlahnya sangat banyak. Untuk itu mulai dari sekarang mari kita mulai berburu pahala. Diantara cara berburu pahala ternyata ada amalan yang ringan tapi bisa mendapatkan pahala yang besar, berikut ini diantaranya :

a.Menjenguk orang sakit didoakan oleh 70000 malaikat

Kebayang di doakan oleh 70000 malaikat?
Kita tentu tahu malaikat adalah makhluk yang maksum. Artinya malaikat tidak punya salah dan dosa. Jadi kalau malaikat berdoa insyaAllah diterima doanya. Jadi sangat baik jika bisa didoakan malaikat. Lalu bagaimana caranya agar malaikta berkenan mendoakan kita?

Berikut adalah tips yang ditunjukan Rasulullah SAW:
“Tiada seorangpun muslim yang menjenguk sesame muslim pada waktu pagi hari melainkan ia didoakan oleh 70000 malaikat hingga sore hari. Dan jika ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70000 malaikat hingga pagi hari dan mendapat jaminan buah – buahan yang siap dipetik di dalam surga”. (HR Tirmidzi dan dia berkata Hasan. Dianggap shahih oleh Albani)

Jadi ingin sering didoakan malaikat? Untuk itu mulai dari sekarang jangan merasa malas jika diajak menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit.
Apalagi menjenguk orang sakit adalah salah satu kewajiban muslim terhadap muslim lainnya.

b.Membaca satu huruf dari Al – Qur’an mendapatkan sepuluh pahala

Rasulullah SAW bersabda :
“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al – Qur’an) maka ia mendapat satu kebaikan , dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak berkata Aliflaammim itu satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu hirif” (Hr Tirmidzi)

Bagi yang masih merasa malas untuk membaca Al-Qur’an apakah setelah membaca hadits diatas masih akan tetap malas membaca Al – Qur’an? Bayangkan pahala yang bisa kita dapatkan jika membaca Qur’an. Sekarang mari kita hitung, jika kita tamat satu kali tadarus Al – Qur’an akan mendapat berapa pahala? Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa dalam Al – Qur’an ada 340.740 huruf. Jadi satu kali tadarusan kita bisa mendapat 3.407.400 pahala. Pahala sebanyak ini belum termasuk doa doa dalam beberapa ayat. Karena berdoa juga pahalanya lain, membaguskan suara juga pahalanya lain..

Tetapi tentu sebelumnya ada adab – adab dalam membaca Al – Qur’an diantaranya:
>>Tadarus dalam keadaan yang sempurna, suci dari najis duduk sopan dan tenang. Membaca dianjurkan dalam keadaan suci.
>>Membacanya dengan pelan (tartil) dan tidak cepat, agar menghayati ayat yang dibaca.
>>Membaca Al –Qur’an dengan khusyuk.
>>Membaguskan suara saat membaca.
>>Membaca Al-Qur’an dimulai dengan istiadzah
>>Membaca Al – Qur’an dengan berusaha tahu artinya, dan faham inti ayat yang dibaca.
>>Jika tadarusan tidak perlu mengganggu orang yang sedang shalat, dan tidak perlu membacanya dengan suara keras di tempat yang banyak orang. Bacalah dengan suara lirih atau di dalam hati secara khusyu’.

Jadi mulai dari sekarang ayo mulai sering membaca Qur’an, walaupun membacanya sedikit tapi rutin, akhirnya jadi banyak kan...
Selain dua amalan diatas tentu masih banyak amalan lain yang ringan tetapi besar pahalanya, seperti berdzikir, mendoakan saudara sesama muslim, puasa, shalat jema’ah, dan lain sebagainya.

**Artikel ini dibuat berdasarkan buku “ Ringan Tapi Pahalanya Gede” oleh Abu Syahidah Al – Haqq

0 komentar: