Welcome to my blog :)

rss

Minggu, 20 Maret 2011

Mengapa Software Open Source?

Software open source saat ini memang terus berkembang. Berdasarkan sumber dari Wikipedia Software open source dapat diartikan sebagai Sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu atau lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). 

Sedangkan menurut David Wheeler, sotware open source  adalah Program yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna menjalankan program untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pengembang sebelumnya. 

Berdasarkan kedua pengertian diatas maka  dapat dikatakan bahwa alasan  mengapa dianjurkan  menggunakan software open source dalam membuat aplikasi karena software open source dapat diperoleh tanpa berbayar,  apalagi untuk mahasiswa yang memang masih sulit untuk dapat menggunakan software berlisensi dengan harga software yang cukup menguras kantong. Selain itu pengguna software open source akan merasa lebih aman  tidak akan disebut melanggar hak cipta karena software yang disediakan memang sengaja untuk disebarkan secara bebas. 

Saat ini pun sudah banyak software open source yang dapat kita temukan seperti :
PHP
MySQL
Eclipse
Linux
Perl
Open Office
dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu apakah kelebihan dan kekurangan pada software open source ini?

Kelebihan software open source diantaranya :
  • Bebas lisensi
  • Software open source mengacu pada kebebasan para penggunanya untuk menjalankan,  menggandakan, menyebarluaskan atau nmenditribusikan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan kinerja software.
  •  Mencegah software privacy yang melanggar hukum.
  • Mengurangi biaya perawatan : Biaya perawatan software sering sama atau lebih besar dari biaya pengembangan awal. Jika sebuah perusahaan merawat software sendirian, maka pekerjaan itu menjadi sangat mahal. Dengan menggunakan model open source software, biaya perawatan dapat dibagi di antara ribuan pengguna potensial, sehingga mengurangi biaya perawatan per orang atau organisasi. Demikian pula peningkatan kemampuan software dapat dilakukan oleh banyak organisasi atau individu, yang hasilnya akan lebih efisien dalam menggunakan sumber daya.
  • Kendali mutu yang lebih baik : Semakin banyak orang menggunakan dan mengevaluasi kode sumber, maka kesalahan yang ada akan mudah ditemukan dan diperbaiki secara cepat. Pengembang open source software sering menemukan bahwa pengguna yang memiliki akses ke kode sumber tidak hanya bisa melaporkan kesalahan, namun juga menjelaskan lebih tajam apa penyebabnya, dan dalam beberapa kasus, pengguna dapat mengirimkan kode perbaikannya. Ini sangat mengurangi waktu pengembangan dan kontrol terhadap kualitas.

Walaupun banyak kelebihan yang dimiliki oleh software open source, tetapi tentu ada juga kekurangan yang dimiliki, diantaranya :
  • Limitasi modifikasi oleh orang-orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya.
  • Seringkali software yang tersedia masih tidak stabil.
  • Beberapa software dikembangkan oleh sebuah komunitas yang mempunya tujuan khusus, jaminan dan kepercayaan kualitas produk hasil perlu dicompare dengan produk komersil yang jauh lebih mumpuni dari segala sisi.
  • Ketika sudah memakai program opensource untuk semua infrastruktur yang besar, dan ketika itu menemukan hole atau bug yang tidak ada yang paham. Maka langkah yang mungkin ditempuh adalah : searching problem solving di forum-forum atau bertanya kesana kemari. Jika tidak ditemukan juga, kemungkinan bisa harus menganggarkan dana yang tidak sedikit untuk mendatangkan jasa konsultan dari pakar opensource tersebut.

Sumber :
http://foruminformatika.wordpress.com/2009/01/03/apa-kelemahan-open-source/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka
http://www.beritanet.com/Technology/RISTEK-RI/FOSS-Free-Open-Source-Software.html
http://www.dwheeler.com/off_fs_why.html
http://shiroihana.blog.binusian.org/files/2009/05/tugas-team01.coc

0 komentar: