Welcome to my blog :)

rss

Rabu, 02 Maret 2011

McDonald di Facebook



Belum lama ini pengguna Facebook dihebohkan oleh McDonald, sebuah undangan atau tautan palsu yang menyebar lewat situs pertemanan tersebut. Bila diklik, account Facebook akan terinfeksi virus yang akan menjaring informasi di laman Facebook pengguna.

Undangan maupun link yang dikirimkan beragam bentuknya. Salah satu yang memancing penasaran adalah kiriman video yang katanya akan membuka rahasia ‘dapur’ McDonald. Sebetulnya serangan yang dinamai “pembajakan klik HappyMeals” ini sudah lama, tepatnya sejak Agustus lalu. Saat itu banyak judul link yang masuk seperti ini : “OMG! I cant BELIEVE a WOMAN found THIS in her McDonalds Nuggets! WTFF!!” atau “Holy CRAP! I just saw your MOM in this VIDEO!!!!”

Namun serangan yang baru-baru ini memiliki judul yang cukup menggiurkan untuk dibuka, seperti “The Truth Behind McDonald” atau “Shocking McDonald Video”. Begitu tautan di dalam kiriman itu diklik, penyerang akan mengirimkan rangkaian tautan lagi yang mesti diklik. Setelah itu, Wall anda akan terus-menerus dikirimi pesan-pesan yang membawa virus.

Menurut penelitian, serangan seperti dilakukan untuk meraup Dolar melalui skema Cost Per Action. Penyerang akan mendapat Dolar dari setiap aksi yang dilakukan pemilik akun Facebook. Tim keamanan Facebook sudah membuang infeksi ini. Namun sebelum itu terjadi sebanyak 24.232 orang sudah terlanjur menjadi korban.

Modus :

Tindakan tersebut dilakukan untuk memperoleh uang.

Penyelesaian :

Bagi para pengguna facebook agar jangan cepat percaya jika ada link seperti pada kasus diatas.

Sumber :

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/12/06/beberapa-kasus-penyebaran-virus/

0 komentar: