Welcome to my blog :)

rss

Senin, 12 Oktober 2009

Tugas Bahasa Indonesia ( Ragam Bahasa )

Apa yang dimaksud dengan ragam bahasa ?
Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

Hal – hal yang menyebabkan adanya ragam bahasa
Hal – hal yang menyebabkan adanya ragam bahasa diantaranya :
>> Letak geografis yang berbeda
Letak geografis adalah salah satu hal yang menyebabkan adanya ragam bahasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah masing – masing yang menciptakan terbentuknya ragam bahasa.
>> Tingkat usia
Seseorang yang sudah dewasa dengan seseorang yang masih remaja tentu memiliki bahasa yang berbeda dalam berkomunikasi. Seseorang yang dewasa cenderung akan berbicara dengan ragam bahasa baku, sedangkan di kalangan remaja terbentuk suatu bahasa baru yang biasa disebut bahasa gaul.
>> Profesi
Diantara satu profesi dan yang lainnya tentu memiliki perbedaan dalam menggunakan suatu istilah. Misal seorang dokter akan banyak menggunakan istilah – istilah kedokteran saat berkomunikasi dengan sesama dokter, begitu juga seseorang yang bekerja di bidang IT akan banyak menggunakan kata- kata istilah komputer.
>> Tingkat pendidikan
Orang yang tamatan SMP dengan Orang yang Sarjana tentu akan berbeda dalam penggunaan bahasanya. Seseorang tamatan SMP biasa menggunakan bahasa yang sederhana dalam menjelaskan sesuatu, sedangkan seorang Sarjana akan menggunakan istilah – istilah yang berhubungan dengan hal yang dijelaskan.

Ilustrasi :
Contoh lain, misal di dalam sebuah reuni, dihadiri oleh para alumni yang berlatar belakang berbagai macam profesi seperti dokter, pengacara, psikolog dan lain - lain. Saat berbincang – bincang, maka diantara peserta reuni tersebut yang terdiri dari berbagai profesi akan menggunakan istilah – istilah yang berhubungan dengan profesi masing – masing.

0 komentar: